logo

peta

Banjir menggenang Jakarta beberapa hari ini. Sejumlah ruas jalan protokol ibukota lumpuh total. Bukan hanya warga Jakarta yang terkena banjir saja yang jadi korban, tapi juga warga Bodetabek yang sebagian besar berkantor di Jakarta. Macet total, itu sudah pasti. Lebih parah lagi, jalanan tak bisa dilalui akibat banjir.  Kondisi ini membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Provinsi DKI Jakarta berinisiatif merilis peta sebaran banjir.

Peta dengan ukuran besar dapat diakses di tautan ini. Semua orang yang berkepentingan dapat memantau keadaan terutama di jalan-jalan utama dari ranah maya. Mereka juga bisa memanfaatkan layanan Google Maps yang menyediakan informasi titik-titik banjir di Jakarta. Jadi ketika hendak ke Jakarta, sudah terpantau lebih dulu kondisi lalu lintasnya.

Di linimasa Twitter pun tersedia sejumlah akun yang berbagi informasi seputar perkembangan banjir Jakarta. Sebut saja akun TwitterTraffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro), Radio Elshinta (@RadioElshinta), dan Lalu Lintas dari LewatMana.com (@LewatMana).

Semoga lebih banyak lagi muncul aplikasi dan layanan yang bisa membantu warga  Jabodetabek dan kota-kota lain di Indonesia dalam menghadapi musim penghujan rawan bencana ini.

 

Referensi: Kompas

Categories: Hak Cipta

Leave a Reply