logo

Bangga dengan bayi Anda yang lucu dan menggemaskan? Lalu dengan sengaja mengunggah fotonya ke Facebook, agar teman-teman Anda memberi komentar? Jangan pernah lakukan itu. Apalagi jika foto bayi itu dalam keadaan telanjang. Bukan hanya bayi, melainkan juga anak-anak balita yang dianggap lucu dan menggemaskan ketika berpakaian renang, sebaiknya jangan pernah dipamerkan di Facebook atau web lain. Sebab itu hanya akan mencelakakan anak.

“Banyak ibu senang jika foto-foto anaknya dipajang di Facebook. Ternyata, hal ini memberi peluang para penculik untuk mencelakakan anak. Maraknya kasus penculikan sekarang juga salah satunya disebabkan kecerobohan ini sehingga orangtua menjadi makin paranoid,” kata Arist Merdeka Sirait, ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Menurut Aris, kalau dulu para penculik harus sering memantau korban-korban yang akan diculik, maka hanya dengan cukup memantengi Facebook penculik dapat mencari korban dengan mudah. Apalagi data mengenai pekerjaan dan kesibukan orangtua juga dapat diketahui lewat Facebook. Kebanyakan kasus penculikan memang terjadi saat orangtua sedang lengah dan membiarkan anak tanpa pengawasan.

Jika memang ingin mengabadikan foto di dunia maya, sebaiknya orang tua mengatur setting privasi, agar tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

Selain panculikan, foto anak juga bisa dijadikan target para pedofil yang sengaja bergentayangan di dunia maya demi mengumpulkan foto anak-anak. Anda tentu tidak ingin ini terjadi pada anak Anda, bukan? Bijaklah berinternet.

Sumber referensi: Detik

Leave a Reply